AlumniEventInspirationUmum

KONGRES ALUMNI NOSTALGIA DENGAN KONSEP MUTUALISME

SMA Negeri I Lawang akan mengadakan kongres ikatan alumni yang merupakan pertemuan mantan siswa-siswi Smanela dari angkatan pertama hingga terbaru. Pada dasarnya, para alumni sudah memiliki ikatan yang diresmikan pada ulang tahun emas Smanela ke-50. Namun karena kurangnya komunikasi maka sekolah tidak tahu bagaimana perkembangannya. Maka dari itu Kepala Sekolah SMA Negeri I Lawang yaitu Dr. Abdul Tedy, M.Pd mencetuskan kongres tersebut dengan tujuan saling merajut tali silaturahmi kekeluargaan sesama alumni, sebagai wadah sehingga tidak sungkan mengunjungi sekolah, dan bisa saling membantu.

Pak Teddy mengatakan bahwa adanya kongres ini supaya alumni dapat membantu adik – adik kelasnya terutama yang kurang beruntung secara ekonomi karena mengingat banyak alumni yang berhasil sukses. Beliau menjelaskan, “Jadi artinya alumni punya power, power itu saya tangkap saya wadahi supaya tepat sasaran.”

Bapak M. Budi Santoso, S.Pd. atau biasa dipanggil Pak Budi merupakan penanggungjawab jalannya pembentukan kongres ikatan alumni SMA Negeri I Lawang. Beliau mengatakan bahwa banyak alumni yang membantu sekolah salah satunya dalam pembangunan Masjid Al-Taqwa di sekolah. Namun, bentuk bantuan tersebut secara per orang, jika seandainya bantuan tersebut disatukan secara komulatif pasti akan lebih baik lagi. Karena alumni adalah salah satu kekuatan terbesar dari sebuah sekolah.

Beliau juga menyebutkan pembentukan ADRT (Anggaran Rumah Tangga) yang tepat sebagai pedoman dari ikatan alumni tersebut, diusahakan membuatnya agar wacana – wacana yang direncanakan alumni dan sekolah dapat terjalin dengan erat untuk ke depannya.

Proses atau langkah yang sudah dilaksanakan untuk pembentukan kongres tersebut adalah pertemuan yang dihadiri para tenaga kerja di SMA Negeri I Lawang yang seluruhnya merupakan alumni Smanela kecuali Pak Tedy selaku kepala sekolah dan Pak Budi selaku penanggungjawab. Rapat tersebut dilaksanakan pada 19 April 2022 lalu, membahas tentang kongres yang rencananya akan dilaksanakan di sekolah (back to school) pada tanggal 14 Mei 2022, dengan mendatangkan dua orang alumni sebagai perwakilan dari setiap angkatannya.

Sementara itu, para alumni dalam sekolah yang sudah rapat diminta untuk menghubungi rekan seangkatan sebagai salah satu cara untuk menjangkau para alumni Smanela. Lalu untuk langkah ke depan, nantinya para alumni dapat terdata sehingga sekolah akan memiliki database untuk mengetahui persentase para siswa setelah lulus dari Smanela melanjutkan sebagai apa, maka ke depannya dapat digunakan untuk program mutu sekolah.

Manfaat kongres alumni untuk sekolah dan alumni ini adalah mutualisme, saling menguntungkan. Dengan adanya alumni menunjukkan bahwa sekolah sudah lama, alumninya sudah betebaran dengan berbagai macam profesi, dan juga alumni dapat memberikan ide-ide kreatif dan inovatif supaya sekolah bisa tetap eksis untuk maju. Lalu akses mencari pengetahuan menjadi mudah bagi adik – adik kelasnya. Sementara untuk para alumni, dapat mempererat silaturahmi, memperbanyak relasi sesama alumni dan adanya wadah untuk bertamu ke SMA Negeri I Lawang.

Pak Tedy berharap, pertemuan ini dapat diterima oleh seluruh alumni mengingat tujuan dari kongres ini baik dan dapat membangun komunikasi yang baik antara alumni dengan sekolah. Sementara Pak Budi berharap atas kemajuan Smanela, dan semoga ke depannya sekolah dapat lebih diperhatikn lagi baik oleh alumni dan masyarakat sekitarnya. 

What's your reaction?

Excited
1
Happy
1
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in:Alumni