EventHumasInspiration

Mengolah Limbah Menjadi Sesuatu yang Bermanfaat

Rabu (17/9/2021) SMA Negeri 1 Lawang mengadakan Pelatihan Pembuatan Eco Enzym yang diikuti oleh Tim Percepatan Mandiri Usaha Sekolah dan beberapa guru SMAN 1 Lawang pada mapel tertentu, seperti kimia, biologi, kewirausahaan. Acara ini dimulai pada pukul 14.00 WIB yang dibuka dengan sambutan oleh Ibu Erwin Qodariyah, M.Pd. selaku ketua dari TPMUS (Tim Percepatan Mandiri Usaha Sekolah) dilanjutkan dengan sambutan kepala sekolah Bapak Dr. Abdul Tedy, M.Pd. yang menjelaskan tentang keberlangsungan acara ini.

 

Saat ini permasalahan yang banyak dihadapi bersama yaitu limbah sampah organik yang semakin banyak disekitar masyarakat. Menurut penelitian limbah sampai organik dapur saat ini mencapai 60%. Agar limbah sampah organik ini dapat bermanfaat maka diadakan pelatihan pembuatan eco enzyme ini dengan Ibu Gung Endah Tuti Rahayu selaku narasumber.

Eco enzyme sendiri merupakan cairan multifungsi hasil dari fermentasi limbah dapur organik, molase, dan air. Hasil dari cairan ini sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari dapat diolah dan digunakan sebagi hand sanitizer, pembersih lantai, sabun, dan lain-lain. Untuk pelatihan pembuatan eco enzym ini dilakukan secara berkelanjutan. Pada tahap selanjutnya diharapkan kegiatan ini dapat disosialisasikan kepada seluruh guru, siswa, dan orang tua siswa agar dapat bermanfaat.

Harapan Bu Erwin Qodariyah M.Pd. selaku ketua program dari TPMUS setelah diadakan pelatihan ini yaitu peserta diharapkan bisa menerapkan di rumah masing-masing. Dari limbah sampah rumah tangga yang tidak banyak bisa dikumpulkan, kemudian dipraktekkan di rumah sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Lalu bisa disosialisasikan kepada tetangga, agar limbah sampah organik di rumah dapat berguna.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in:Event