EventInspiration

Lahirkan Cara Kreatif Untuk Generasi Penerus

SMA Negeri 1 Lawang memiliki salah satu kelebihan termasuk dalam bidang Bahasa Jerman. Dalam Bahasa Jerman siswa smanela dalam setiap tahunnya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke negara yang kaya akan pengetahuan ini. Di sekolah ini Bahasa Jerman juga menjadi salah satu mata pelajaran yang menyenangkan.

Minggu, 25 September 2022 SMA Negeri 1 Lawang telah menjadi wadah untuk para MGMP Bahasa Jerman tingkat provinsi. Kegiatan ini mengangkat tema tentang “Pemanfaatan media digital dalam pembuatan komik sebagai usaha meningkatkan kompetensi menulis”. Pelatihan kompetensi menulis ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh jurusan bahasa dan Sastra Jerman UNESA pada tahun 2022. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan tim PKM UNESA untuk membantu guru bahasa Jerman yang tergabung dalam MGMP Bahasa Jerman Jawa Timur dalam upaya mengembangkan kompetensi menulis siswa dan mengintegrasikan pembelajaran menulis dengan bantuan aplikasi dan website pixton.

Dengan upaya memadukan perkembangan zaman sekarang dan untuk mencari jalan bagaimana para siswa bisa memahami Bahasa Jerman dengan lebih efisien. Menurut Ibu Tri Edliani Lestari, S.E., M.Hum. mengenai peran media digital sangatlah penting, apalagi pada saat ini adalah era 4.0, dimana media digital bukan hanya dipakai di bidang industri saja, tapi sudah diterapkan di bidang-bidang lainnya, khususnya pendidikan. Ditambah selama 2 tahun terjadi pandemi, pembelajaran akhirnya menggunakan media digital sebagai wadah untuk menaungi kegiatan belajar-mengajar. Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar. Meskipun demikian, adapun hambatan dalam penentuan waktu pelatihan. Namun dapat diatasi dengan koordinasi dari Pak Lufi bersama guru bahasa Jerman, pelatihan ini dapat berlangsung dengan baik dan diikuti oleh para guru MGMP bahasa Jerman.

“Harapannya agar siswa dapat mengembangkan kreativitas kepenulisan dalam komik sehingga peserta didik dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Walaupun ada kesulitan, pelatihan ini mengajarkan bahwa selalu ada cara kreatif dalam belajar-mengajar melalui media digital.” Pesan Ibu Audrey  Gabriella Titaley, S.Pd., M.Hum. mengenai harapan dari kegiatan ini.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in:Event