EventHumasInspirationKerjasama

Monitoring SOP Prokes oleh Dinas kesehatan Kabupaten Malang

Satgas Dinkes memeriksa lingkungan sekolah bersama Kepala Sekolah, Wakil, dan Perwakilan siswa

Selasa, 5 Oktober 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan di Institusi dan Tempat-tempat Umum, salah satunya adalah melakukan kunjungan SMA Negeri 1 Lawang. Kegiatan ini dilakukan sejak pembelajaran tatap muka diberlakukan di Kabupaten Malang. Sedangkan untuk di tempat-tempat umum, terdapat 23 titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, seperti pasar, pondok pesantren, dan tempat-tempat wisata. 

Satgas Dinas Kesehatan memberikan pengarahan dan wawasan kepada peserta didik di kelas

Kegiatan ini diadakan untuk memonitoring dan mengevaluasi implementasi penerapan protokol kesehatan yang baik sesuai SOP yang ada seperti  kepatuhan mencuci tangan, tersedianya sarana prasarana dan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, juga mengamati pengetahuan dan kepatuhan dalam memakai masker di lingkungan sekolah. Kegiatan dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat seperti Ruang Kelas, UKS, Kamar Mandi, Kantin, Perpustakaan, dan Rooftop.

Satgas Dinkes melakukan pemeriksaan terhadap fasilitas UKS dilayani oleh perawat sekolah

Hasil dari monitoring dan evaluasi penerapan protokol kesehatan di SMA Negeri 1 Lawang sudah baik dan sedikit  evaluasi atas kekurangan. Misalnya perlu  tambahan pengharum ruangan pada bilik-bilik toilet, pemberian poster di kantin, dan penambahan wastafel di dalam perpustakaan. Dinas kesehatan juga berencana memberi obat tambah darah untuk diberikan kepada  siswi-siswi SMA Negeri 1 Lawang setiap minggunya.

Salah satu petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Ibu Titin Sugiartini, memberi kesan bahwa Smanela sudah terlihat bagus, protokol juga sudah diterapkan, sebagian besar sudah menerapkan saran dari sisi kesehatan, namun  ada sedikit kekurangan yang bisa diperbaiki. Partisipasi siswa dan guru sangat baik dalam menerapkan protokol kesehatan. Beliau juga berterima kasih atas sambutan dan dampingan selama melakukan kegiatan monitoring di Smanela.

Untuk kedepannya beliau berharap khususnya  para siswa, supaya tetap melakukan protokol kesehatan yang baik tidak hanya di lingkungan sekolah namun juga di tempat umum. Intinya kita semua saling mengingatkan demi kesehatan dan keselamatan bersama.

-tim jurnalistik-

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in:Event