PrestasiUmum

SEKOLAH BERPRESTASI, APAKAH KUALITAS PEMBELAJARANNYA JUGA OKE?

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Lawang Tahun 2023

Sejauh ini SMA Negeri 1 Lawang terkenal dengan prestasi yang luar biasa baik akademik maupun nonakademik, lalu apakah kualitas pembelajaran juga demikian? Yuk kita simak hasilnya.

Senin, 4 Desember 2023 SMA Negeri 1 Lawang telah kedatangan tamu yang tidak asing lagi tapi kali ini istimewa karena berkenaan dengan nilai sekolah. Sri Subekti M.Pd. Selaku pengawas pembina SMA Negeri 1 Lawang didampingi oleh pengawas dari luar yaitu Drs. Pi’i MM. hadir untuk melaksanakan tugas Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS). PKKS ialah agenda tahunan yang bertujuan untuk menilai kualitas sebuah sekolah baik dari kepala sekolah maupun aktivitas pembelajaran di dalamnya. Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala TU, Bendahara, dan Staf, juga ketua Komite SMA Negeri 1 Lawang ini berlangsung mulai pukul 08.00—15.00 WIB. Ibu Sri dan Pak Pi’i menilai dengan cara mengecek dokumen atau berkas yang sudah disiapkan oleh sekolah dilengkapi dengan wawancara kepada para Waka dan stafnya, bendahara, kepala TU, dan operator sekolah. Proses penilaian berjalan cukup lama dan sedikit menegangkan karena semua berkas yang ada maupun file data diperiksa secara rinci. Adapun instrument yang dinilai dalam PKKS ini terdapat 4 poin, yaitu: (1) Pengembangan Diri dan Orang Lain, (2) Kepemimpinan Pembelajaran, (3) Manajemen Sekolah, dan (4) Pengembangan Sekolah.

Setelah berlangsung hampir 3 jam proses penilaian, tiba saatnya Ibu Sri dan Pak Pi’i menyampaikan hasil dan nilai dari PKKS ini. Di tengah suasana tegang warga Smanela menunggu hasil, ibu Sri dengan senyum dan lantang menyatakan bahwa beliau sangat terkesan dengan nilai SMA Negeri 1 Lawang karena telah memperoleh status paling tinggi yaitu AMAT BAIK dan Kepala Sekolah menduduki predikat MAHIR dengan nilai akhir sebesar 95,15. Wow. Ini menunjukkan bahwa di setiap instrument yang dinilai mendekati nilai sempurna. Ibu Sri dan pak Pi’i berkomentar bahwa kualitas SMA Negeri 1 Lawang tidak diragukan lagi karena memiliki aset yang luar biasa, baik pengelolaan SDM, Guru, Siswa, Pengembangan Ilmu Pengetahuan fisik dan nonfisik. Hal yang paling diapresiasi oleh beliau adalah kualitas pembelajaran yang bagus dan tertata, selain itu beliau juga kagum dengan teknik Supervisi guru mapel, hal ini dinilai sangat baik sehingga menunjukkan bahwa proses pembelajarannya dapat dipertanggungjawabkan karena sangat rinci dan lengkap. Sedangkan untuk Kepala Sekolah, beliau menilai sosok yang luar biasa karena bisa menjadi teladan, selalu berkonsentrasi pada tugas-tugas pokoknya, serta mampu menggerakkan warga sekolah untuk lebih baik. Dari sekian kelebihan SMA Negeri 1 lawang, Ibu Sri dan Pak Pi’i memberi saran supaya lebih baik lagi dengan eksplor rapor pendidikan. Hal ini bisa dilakukan melalui aktivitas guru dengan meneksplor materi melalui platform merdeka belajar karena pembaruan-pembaruan konsep mendidik itu sangat penting. “Guru yang berani mengajar harus berani belajar”, tambah beliau.

Para pengawas mengakhiri penilaian dengan cukup bangga dan puas. “ Saya merasa terkesan melaksanakan penilaian di SMA Negeri 1 Lawang karena persiapan yang matang, dokumen sangat lengkap dan rinci, pembelajaran tidak diragukan lagi, dan.mendapat predikat AMAT BAIK. SMA Negeri 1 Lawang bisa jadi yang terdepan di Kabupaten Malang untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka karena proses pembelajaran dan perubahan paradigma yang sesuai. Terima kasih, semoga Smanela semakin cemerlang ke depannya.”, ungkap beliau.

Alhamdulillah pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) ini berjalan dengan lancar. Hasil penilaian menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Lawang masih memegang predikat AMAT BAIK. Semoga Smanela semakin jaya dan luar biasa.

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Prestasi