EventInspirationUmum

Kasus HIV/AIDS Tertinggi Dari Kelompok Usia 25 – 49

Pada tanggal 14 Januari 2022 SMANELA mengikuti kegiatan Roadshow Online Memperingati Hari Aids Sedunia yang diselenggarakan oleh UKM Pasti Polinema. Acara ini diikuti oleh siswa-siswi OSIS dan MPK secara virtual melalui zoom. Dikarenakan memerlukan komputer dan jaringan internet untuk menunjang, maka kegiatan ini dilaksanakan di lab komputer dan lab biologi SMA Negeri 1 Lawang mulai pukul 08.15 hingga 10.45 WIB. 

Apa yang di maksud dengan AIDS? AIDS adalah kumpulan gejala akibat kekurangan atau kelemahan sistem kekebalan tubuh yang dibentuk setelah lahir. AIDS disebabkan oleh virus yang disebut HIV atau Human Immunodeficiency Virus. Bila kita terinfeksi HIV, tubuh akan mencoba menyerang infeksi.Presentase ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) di Indonesia pada periode Januari – Maret 2021, kasus tertinggi ditemukan di kelompok usia 25 – 49 tahun (71,3%), diikuti oleh kelompok umur 20 – 24 tahun (16,3%), dan kelompok umur >50 tahun (7,9%). Berdasarkan jenis kelamin, ODHA banyak ditemukan pada laki-laki (69%) dan perempuan (32%) dengan rasio  5 : 3.

Pada umumnya, seseorang mengetahui dirinya terkena HIV setelah mengalami penyakit berat yang disebabkan oleh melemahnya daya tahan tubuh. Faktor dari penularan HIV tersebut bisa diperoleh dari berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan, penggunaan jarum suntik bersama, dan kontak dengan cairan dalam tubuh penderita. Namun, sejauh ini dengan menghindari faktor tersebut kita sudah mencegah dan meminimalkan penularan HIV. Untuk yang sudah menderita HIV/AIDS bawaan dari lahir atau yang tidak sengaja ditularkan oleh orang lain/terdekat jangan khawatir karena sudah ada ARV (antiretroviral) yang bekerja untuk menghilangkan unsur yang dibutuhkan oleh HIV untuk menggandakan diri dan untuk mencegah virus tersebut menghancurkan sel darah putih.

Apa sih tanggap beberapa orang jika di sekitar mereka ada yang terjangkit HIV? berdasarkan tanggapan dari beberapa orang dapat kita simpulkan bahwa, orang yang terkena HIV tidak harus di jauhi karena hanya jika kita duduk bersama mereka kita tidak akan terkena virus tersebut. Dengan adanya kegiatan ROADSHOW ini membuat kita yang mengikuti acara ini mempunyai wawasan yang luas. Dan harapan kami semoga virus ini tidak menyebar lebih luas lagi dan tidak terjadi diskriminasi terhadap orang-orang yang terkana HIV/AIDS itu sendiri, karena semua orang berhak di perlakukan baik.

 

 

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published.

More in:Event