HumasInspiration

Screening Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kesehatan Peserta Didik di SMAN 1 LAWANG

Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  di sekolah dilaksanakan melalui tiga program pokok (dikenal sebagai trias UKS) yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah, atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan; pemantauan kesehatan; serta penyuluhan kesehatan.

Penjaringan dilakukan setahun sekali pada awal tahun pelajaran terhadap murid kelas X (sepuluh) yang dilakukan oleh Tim Penjaringan Kesehatan di bawah koordinasi dengan Puskesmas. Penjaringan kesehatan merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi pengisian kuesioner oleh peserta didik, pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama sama kader kesehatan remaja dan guru sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS. Idealnya rangkaian tersebut dilaksanakan seluruhnya, namun dalam pelaksanaannya dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi sekolah setempat.

Pengisian kuesioner oleh siswa didik digunakan untuk mengetahui riwayat kesehatan secara umum, informasi kesehatan keluarga, riwayat imunisasi, gaya hidup, kesehatan intelegensia, kesehatan mental remaja, kesehatan reproduksi, dan bahan edukasi kelas konseling. Riwayat kesehatan secara umum diperiksa melalui pengisian delapan pertanyaan yang meliputi masalah kesehatan secara umum, alergi terhadap makanan tertentu, alergi terhadap obat tertentu, obat-obatan yang sedang diminum saat ini, riwayat dirawat di rumah sakit, riwayat cedera serius akibat kecelakaan, riwayat pingsan/tidak sadarkan diri dalam satu tahun terakhir, dan riwayat penyakit tertentu yang pernah dialami. Riwayat penyakit tertentu yang dimaksud adalah anemia/kurang darah, asma, batuk lama dan berulang, campak, diabetes mellitus, hepatitis, penyakit jantung, kejang, TBC paru, sakit perut berulang, dan sakit kepala berulang.

Imunisasi sebagai upaya pemberian antigen untuk meningkatkan kekebalan anak secara aktif dilakukan dengan cara memberikan suntikan vaksin terhadap tubuh sehingga bila terserang penyakit tidak menjadi sakit atau sakit ringan. Riwayat imunisasi biasanya diperlukan untuk mengetahui kelengkapan data imunisasi peserta didik sejak bayi sampai remaja terhadap antigen tertentu. Apabila peserta didik memperoleh imunisasi lengkap dari sejak bayi hingga dewasa maka akan memperoleh kekebalan seumur hidup.

 

SMA Negeri 1 Lawang sebagai sekolah unggulan memiliki banyak program, salah satunya adalah program screening kesehatan bagi peserta didik. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Hal ini karena kesehatan memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan belajar bagi peserta didik. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan para peserta didik mampu mengikuti kegiatan belajar secara maksimal.

Program Screening Kesehatan Sekolah dilaksanakan pada bulan Oktober 2021, tepatnya pada pukul 08.00—12.00 WIB. Tes kesehatan yang dilaksanakan di antaranya adalah tes kesehatan mata, kesehatan telinga, kesehatan kulit, gigi, dan rambut. Tes kesehatan mata dilakukan untuk mengetahui apakah siswa tersebut menderita buta warna, rabun, katarak, ataupun penyakit lainnya. Tes kesehatan kulit dilakukan dengan mengecek apakah ada bintik-bintik merah pada kulit. Selain itu ditambahkan pula tes kesehatan pada anggota badan yang lain.

Dari data hasil screening diperoleh bahwa kesehata peserta didik SMA Negeri 1 Lawang tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius, namun ditemukan beberapa bermasalah pada tekanan darah dan juga berat badan (obesitas). Tindakan yang kemudian diambil pihak sekolah terhadap peserta didik yang bermasalah kesehatannya adalah merujuk ke Puskesmas Lawang yang letaknya tidak jauh dari sekolah, dengan membawa surat rujukan yang diberikan oleh dokter pemeriksa pada screening kesehatan.

Program screening kesehatan menjadi salah satu program unggulan sekolah. Diharapkan para peserta didik SMA Negeri 1 Lawang lebih memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan.

-tim uks smanela

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in:Humas

Event

Jumat Sehat Smanela

Pada Jumat, 29 Oktober 2021 SMAN 1 Lawang mengadakan Jumat sehat. Jumat sehat merupakan salah ...